Langsung ke konten utama

Penyebab Indikator Mesin Menyala dan Cara Mengatasinya

Penyebab Indikator Mesin Menyala dan Cara Mengatasinya

Seperti yang kita ketahui, indikator mesin menyala pada mobil merupakan salah satu peringatan adanya indikasi gangguan pada mesin atau kendaraan Anda. permasalahannya pun tergolong cukup beragam sekal.

Nah, di artikel ini kami akan coba jelaskan kenapa indikator mesin tersebut menyala. Apa saja penyebab-penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, langsung simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Gangguan Pada Filter Udara

Cek tutup tangki bahan bakar dan juga filter udara sebelum Anda mengecek tempat lain. Karena pada filter inilah terkadang timbul adanya gangguan yang menyebabkan indikator pada mesin tersebut menyala.

Filter udara biasanya berkaitan erat dengan mass airflow sensor. Fungsi sensor tersebut yaitu untuk menentukan jumlah bahan bakar yang ada di dalam kendaraan tersebut.

Kerusakan pada mass air flow sensor dapat menyebabkan pemasangan filter udara yang kurang tepat. Maka dari itu, perbaikilah area ini untuk menghentikan lampu indikator yang menyala.

2. Tutup Bensin Tidak Tertutup Rapat

Tutup bensin saat ini umumnya sudah terhubung dengan sensor pada ECU. Jadi ketika tutup bensin ini tidak tertutup dengan rapat, maka akan menyalakan atau menghidupkan lampu pada indikator.

Di lain sisi, tutup bensin yang terbuka juga dapat menyebabkan timbulnya berbagai hal yang membahayakan penggunanya. Itulah kenapa, disediakan sebuah indikator untuk mengetahui apakah tutup tersebut sudah tertutup dengan baik atau belum.

3. Sensor Oksigen

Indikator yang menyala pada mobil juga bisa terjadi dari sensor oksigen. Perlu Anda ketahui, bahwa sensor oksigen merupakan sebuah sensor penting yang dapat memonitor oksigen pada knalpot. Fungsinya yaitu untuk menentukan bahan bakar yang terbakar.

Sensor tersebut juga bisa menjadi salah satu indikasi adanya kerusakan atau komponen yang tidak bekerja dengan semestinya. Masalah ini umumnya terjadi karena tertutupnya sensor oksigen oleh oli dari waktu ke waktu.

4. Catalytic Converter

Menyalanya indikator tersebut bisa karena catalytic converter yang dapat mengubah karbon monoksida dan juga zat-zat berbahaya lainnya menjadi senyawa yang aman bagi lingkungan.

Namun, jika alat ini mengalami kerusakan, maka akan menyebabkan indikator menyala dan juga berpotensi untuk menyebabkan kerusakan pada elemen lainnya.

Itulah beberapa alasan dan penyebab kenapa indikator mesin menyala. Bagaimana, cukup mudah mengenalinya, bukan? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Untungnya Membeli Smartphone Secara Online Melalui Marketplace Terpercaya

5 Cara Mengikat Tali Sepatu Wanita Agar Terlihat Lebih Menarik

Benarkah Olahraga Saja Tak Cukup Buat Badan Langsing